Benarkah Pil KB Membuat Berat Badan Wanita Naik ?


Dalam upaya mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, ada beragam alat kontrasepsi yang dijual di pasaran. Mulai dari kondom hingga pil KB. 

Berbicara tentang pil KB, alat kontrasepsi ini bisa dibilang memiliki efek samping kesehatan yang paling minim dibandingkan dengan alat kontrasepsi lainnya. Terutama jika dibandingkan dengan IUD atau KB Spiral yang seringkali menimbulkan nyeri atau infeksi pada wanita yang memakainya.

Namun meskipun dibilang memiliki risiko yang paling minim, pemakaian pil KB juga memiliki efek samping yang bisa dibilang merugikan wanita yaitu membuat tubuh wanita cepat bertambah gemuk. Benarkah demikian?


Menurut pendapat para ahli, sebenarnya semua alat kontrasepsi yang dipakai oleh wanita memang bisa membuat tubuh jadi bertambah gemuk. Hal ini disebabkan karena alat kontrasepsi khususnya pil KB mengandung hormon estrogen di dalamnya. Hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi ini juga berperan dalam mengikat garam serta cairan di dalam tubuh yang kemudian menyebabkan penambahan berat badan. Sehingga jika kamu tidak menjaga makanan yang kamu konsumsi, kesempatanmu untuk bertambah gemuk karena didukung oleh pemakaian pil KB akan semakin bertambah besar.

Memang fakta tersebut terdengar mengejutkan. Namun sebenarnya kegemukan yang kemungkinan terjadi bisa dicegah lho. Kuncinya tentu saja dengan memilih menu makanan yang sehat dan seimbang serta rajin melakukan olahraga fisik.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Benarkah Pil KB Membuat Berat Badan Wanita Naik ?"

Posting Komentar