Kamu TBC, Ini Ciri Gejalanya


TBC merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Hingga saat ini angka prevalensi pengidap TBC di Indonesia masih tinggi. Indonesia bahkan termasuk lima besar negara dengan jumlah pengidap TBC terbanyak di Asia. Maka, Anda sebaiknya mewaspadai penyakit ini. Apalagi TBC merupakan jenis penyakit yang menular.


TBC disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis, yang menyebar di udara. Penyakit ini sangat mudah menular, terutama di lingkungan padat penduduk dan lingkungan yang tidak bersih. TBC juga akan mudah menulari orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah.



Waspadai gejalanya

Pada tahap awal, TBC seringkali sulit dideteksi karena gejalanya menyerupai gejala demam dan batuk pada umumnya. Namun Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, saat mengalami gejala seperti:

1. Batuk berdahak lebih dari 21 hari.

2. Nyeri dada, terutama saat batuk.

3. Berkeringat pada malam hari.

4. Demam tinggi.

5. Berat badan turun.

Batuk berdahak yang dialami oleh penderita TBC, seringkali disertai dengan batuk darah. Untuk mengetahui apakah Anda menderita TBC, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, seperti rontgen dada, tes darah, dan tes dahak. Dengan cara-cara tersebutlah, penyakit TBC dapat segera terdeteksi. TBC yang terlambat dideteksi dapat menyebabkan kerusakan parah pada paru-paru. Padahal paru-paru merupakan salah satu organ penting yang menentukan kehidupan manusia. (warta kesehatan)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kamu TBC, Ini Ciri Gejalanya"

Posting Komentar