Sigap => Antisipasi macet arus balik, Polda Metro turunkan 400 personel


Sebanyak 400 personel kepolisian disiagakan berjaga-jaga di sejumlah ruas jalan Ibu Kota. Hal tersebut guna mengantisipasi penumpukan kendaraan oleh warga Jakarta usai 'long weekend' yang dihabiskan sejak Jumat kemarin.

"Hampir seluruh personel kita turunkan. Sekitar 400-an, tapi 2000-an personel juga disiagakan manakala dibutuhkan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto saat dikonfirmasi, Minggu (27/3).


Budiyanto mengungkapkan, 400 personel tersebut akan berjaga-jaga di sejumlah ruas jalan yang diperkirakan akan mengalami kemacetan sejak habis magrib sampai dini hari.



"Ya macetnya abis magrib lah kira-kira. Namun jumlahnya ya enggak berbeda jauh dengan jumlah saat mereka keluar Jakarta untuk berlibur," ucapnya.

"Dalam arus kali ini, prinsip cara bertindak Polri pun sama pada saat antisipasi mudiknya. Situasi normal yakni kontijensi 1 kontijensi 2 kontijensi 3," tambahnya.


Adapun kontijensi 1 indikatornya yakni antrean di Gerbang tol dan TI : 0-5 km (mempercepat pembayaran gerbang-gerbang tol) pihaknya akan menerjunkan tim urai, untuk Kontijensi 2 indikatornya mencegah antrean lebih dari 5 km, gangguan kamseltibcar lantas, dan kecepatan 0-5 km per jam yakni kami akan Contra Flow dari km 61 sampai dengan km 51. Buka tutup pintu masuk dan keluar tol.

"Sedangkan Kontijensi 3 (gabungan situasi kontijensi 1 dan 2), kami akan melakukan tutup pintu masuk tol dan mengeluarkan kendaraan ke jalan Arteri. Dalam hal ini kami mengimbau supaya berlaku tertib di jalan, dan tidak melakukan gerakan- gerakan yang menyebabkan kecelakaan. Penuh konsentrasi. Mematuhi ketentuan lalu lintas yang berlaku," tutupnya. (sumber merdeka.com)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sigap => Antisipasi macet arus balik, Polda Metro turunkan 400 personel"

Posting Komentar