8 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita


Saat menyisir rambut, tiba-tiba Anda menemukan banyaknya rambut yang tertinggal di sisir. Umumnya, rambut hanya rontok sekitar 10-15 helai per hari. Ini artinya Anda mempunyai masalah kerontokan. Kira-kira apa saja yang menyebabkan rambut wanita rontok? Simak ulasannya di bawah ini :

  • Hormon tidak seimbang

Saat hormon meningkat pertumbuhan rambut akan cepat dan tebal. Sebaliknya, jika hormon tidak seimbang, rambut rentan rontok 

  • Kehamilan dan persalinan

Saat hamil Anda akan mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon ini menyebabkan rambut Anda rontok. Selain itu sekitar tiga bulan setelah melahirkan banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut. Namun, hal tersebut akan kembali ke kondisi normal beberapa bulan setelahnya. 
  • Genetik

Ada wanita yang memiliki faktor genetik, jadi mereka lebih rentan mengalami kerontokan rambut akibat proses pertumbuhan rambut tidak normal. Gangguan tersebut disebabkan disebabkan hormon androgen.



  • Obat-obatan

Beberapa jenis obat yang Anda konsumsi bisa memiliki efek samping merontokkan rambut. Seperti obat kemoterapi, kontrasepsi, obat anti depresi, obat asam urat. Tapi jika pengobatan dihentikan, kondisi rambut akan kembali seperti semula. 
  • Pemakaian catok, hair dryer, bahan kimia terlalu sering

Paparan alat kecantikan yang panas dan terus-menerus dari catok, pengeriting atau hair dryer bisa membuat rambut Anda rapuh dan mudah rontok. Selain itu menggunakan pewarna rambut yang mengandung bahan kimia juga menyebabkan kerusakan rambut, salah satunya rontok. 

  • Kekurangan gizi

Jika Anda melakukan diet terlalu ketat sampai kekurangan nutrisi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Nutrisi diperlukan bagi rambut agar mereka tumbuh dan memiliki akar yang kuat. 

  • Stres

Ini alasan yang paling sering ditemui, mengapa rambut wanita bisa rontok. Banyak wanita mengalami kerontokan rambut saat menghadapi situasi emosional.

  • Penyakit autoimun

Penyakit lupus, kanker atau diabetes bisa membuat rambut wanita rontok. Selain itu kerontokan rambut bisa menjadi gejala suatu penyakit. 

Jika rambut rontok Anda masi bermasalah meski telah diobati, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. 

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "8 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita"

Posting Komentar