UNTUK PARA ORANGTUA, INILAH FAKTA MENCENGANGKAN!! Segera Kurangi Interaksi Anak Anda Dengan Smartphone Sebelum Menghancurkan Otak Anak Anda.!!


Saatnya Anda waspada dengan bahaya Smartphone ini supaya otak anak Anda tak rusak dan jadi anak yang tidak normal.

Tehnologi moderen seperti televisi dan computer memanglah sudah memberi keuntungan terlebih dalam dunia pendidikan. Kita pasti merasakan keuntungan itu guys. Keduanya bakal memberi akses yang semakin besar kepada informasi, dan presentasi yang lebih menarik untuk membantu pembelajaran kita.




Namun setelah kemunculan gadget, terlebih smartphone, seluruhnya jadi berubah. Televisi dan komputer saat ini mulai ditinggalkan, dan banyak anak-anak yang mengawali belajar dan mencari info dari smartphone yang senantiasa digenggamnya. smartphone bikin anak rusak otak.

Namun tentunya, tiap-tiap tehnologi selain memberi manfaat, juga memberi efek yang buruk, bila tak diikuti dengan pengawasan dari orang-tua. Terlebih anak-anak bisa dengan gampang terhubung ke internet, yang dapat mencari info apa pun juga tanpa batas.

Gadget, terutama smartphone juga menghidangkan berbagai macam permasalahan, yang bisa mengganggu kekuatan serta kesehatan anak-anak secara keseluruhan. Apa saja sih dampak buruknya?, yuk scroll ke bawah.

1. Menghabiskan waktu di layar yang panjang bisa mengakibatkan Emotional Quotient (EQ) rendah pada anak-anak

Hal semacam ini sangatlah beresiko loh, terlebih selama tiga th. pertama dalam kehidupan seseorang anak. Asosiasi dokter anak di Amerika tak merekomendasikan pada anak saat sebelum umur dua th., untuk menggenggam smartphone, termasuk juga melihat tv dengan teratur.

Anak bakal alami kesusahan berkomunikasi dalam kehidupan nyata, bila mereka sering memandang layar. Mereka bakal lebih konsentrasi pada layar terutama smartphone, dari pada memerhatikan satu sama lain. Ini bukan sekedar himbauan untuk anak-anak saja, bahkan juga remaja maupun orang tua.

2. Kesulitan berbicara

Anak-anak dibawah usia 2 th., menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tak mempu mengerti apa yang ada di monitor. AAP menyampaikan bahwa, balita dibawah umur dua th. tak mempunyai kekuatan kognitif untuk mengerti apa yang tertera didalam monitor. Hingga mereka bakal alami kesusahan untuk bicara, terlebih pada orangtua dan anak. Survey yang dilakukan oleh Common Sense Media mengungkap bahwa, 38 % dari anak-anak di bawah 2 th. sudah memakai gadget seperti smartphone atau tablet, bahkan juga saat sebelum mereka dapat bicara atau berjalan. Ngeri banget ya guys. Jangan sampai adik anda atau salah satu dari anggota keluarga anda mengalami hal ini

3. Kurang aktif bermain

Saat anak-anak di bawah umur 12 th., mereka bakal menghabiskan semakin banyak waktu di depan monitor, dari pada bermain diluar. John Ratey, seorang dokter di Harvard, menuturkan dalam bukunya, bahwa keuntungan dari bermain diluar bikin anak jadi sehat secara fisik dan nyaman secara sosial. Bahkan juga 10 menit kesibukan fisik, bisa merubah langkah dan fungsi otak. Nah bila telah kena smatphone, pasti akan tidak ada kegiatan bermain, hingga fingsi otak pastinya bakal menurun.

4. Kesehatan berkurang

Penggunaan terus-menerus dari gadget berteknologi tinggi bisa menyebabkan permasalahan kesehatan untuk anak dan orang-tua. Layar back-lit yang dipakai untuk komputer dan smartphone juga dapat mengakibatkan permasalahan mata. Terlebih waktu jalan sembari dengarkan musik yang menggelegar langsung ke telinga, menyebabkan sakit kepala dan kesulitan pendengaran. Bahkan sosial media dapat bikin anak-anak lebih mudah stres. Nah lo, tidak heran kan saat ini sangat banyak anak-anak stres. Ini efek memakai smartphone yang terlalu berlebih.

5. Anak-anak menderita penyakit mental

Proyek PEACH, yang dikerjakan pada kian lebih 1. 000 anak-anak pada umur 10 serta 11 th., temukan bahwa anak-anak yang menggunakan kian lebih dua jam di depan monitor smartphone bakal menanggung derita kesulitan psikologis. Ini termasuk juga depresi, kecemasan, kurangnya perhatian dan tingkah laku anak sering bermasalah
Anak-anak mesti berhubungan dengan orang-tua atau pengasuh dari beberapa besar saat mereka. Anak-anak dirancang untuk belajar berhubungan dengan manusia yang lain, dari pada belajar dari layar. Saat anak Anda memandang monitor, keterampilan verbal mereka, pengembangan emosional, serta perhatian bisa menyusut dengan cara tajam. Oleh karenanya, cara tradisional dalam belajar harus selalu dilaksanakan.

Bila anda telah baca informasi ini guys, buruan kasih tau adik, tetangga, adik rekan atau saudara anda yang masih anak-anak, jangan sampai masa kecil mereka yang penuh kebahagiaan serta masa depan cerah direnggut oleh keganasahan smartphone, bukan melarang untuk menggunakansmartphone, namun bila anak telah diberi smartphone, jadi orangtua harus selalu memantau serta mengikuti. Supaya smartphone jadi manfaat, bukanlah sebaliknya.


sumber: 9reportase.blogspot.co.id


BACA JUGA:

HATI-HATI !!! Ternyata 10 Kebiasaan Kita Ini Bisa Menciutkan Otak, Segera Hindarilah.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "UNTUK PARA ORANGTUA, INILAH FAKTA MENCENGANGKAN!! Segera Kurangi Interaksi Anak Anda Dengan Smartphone Sebelum Menghancurkan Otak Anak Anda.!!"

Posting Komentar