Aneka Minuman Hangat .. Saat Hujan...!



Musim hujan, paling enak menikmati minuman hangat ya? Berikut ini ada beberapa resep minuman hangat yang perlu dicoba untuk mengusir dingin di badan.

1. Minuman jahe

Cuci bersih jahe kemudian keprek lalu masukkan ke dalam minuman kesukaan Anda, susu maupun teh cocok dipadukan dengan keprekan jahe.

Bisa juga memadukan antara jahe dan temulawak yang dicemplungkan ke dalam air hangat. Kandungan jahe bisa menghangatkan, sedangkan temulawak bisa menambah nafsu makan.

Selain mampu menghangatkan tubuh, kandungan senyawa dalam jahe pun bisa memberikan dampak baik pada tubuh salah satunya antiinflamasi atau antiperadangan membantu mengatasi radang sendi. Selain itu, jahe pun bisa mengatasi mual dan sakit kepala ringan.

2.Teh Chamomile

Teh juga bisa diolah menjadi minuman hangat yang menenangkan. Teh ini baik diminum sebelum tidur, niscaya tidur akan lebih nyenyak dan segar di esok harinya.

Bahan-bahan yang diperlukan, 2 sendok makan buang chamomile segar, 2 gelas air mendidih, 2 potongan tipis apel, madu secukupnya. Cara membuatnya sangat mudah, pertama cuci bunga chamomile dengan air dingin, sisihkan.

Siapkan teko dan masukkan sedikit air mendidih ke dalamnya, masukkan juga potongan apel ke dalam teko dan sesekali gerus apel agar sarinya bercampur dengan air panas. Masukkan bunga chamomile dan tambahkan lagi air mendidih ke dalam teko. Tutup teko selama 5 menit, lalu tuangkan ke dalam cangkir, baru kemudian beri madu sesuai selera, aduk dan teh hangat apel chamomile siap diminum.

3.Wedang Ronde

Minuman tradisional yang satu ini memang sudah tidak asing lagi, rasa hangat manisnya dipercaya dapat menghangatkan tubuh. Sangat mudah untuk membuatnya, hanya diperlukan bahan seperti berikut: 250 gram tepung ketan, 1 buah jahe (ukuran besar, memarkan), 2 batang serai (memarkan), kacang goreng tanpa kulit sesuai selera, gula pasir secukupnya, pewarna makanan merah dan hijau secukupnya, dan satu liter air.
Cara membuatnya: pertama, buat dulu wedang (air jahe), rebus air dengan gula, serai dan jahe sampai mendidih, sisihkan.

Untuk membuat ronde, uleni tepung ketan dengan air matang hangat sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk. Bagi menjadi tiga bagian, satu adonan berwarna putih, satu adonan berwarna merah dan satu lagi berwarna hijau. Bentuk masing-masing adonan seperti biji kelereng, lakukan sampai adonan habis.

Dalam wadah berbeda, didihkan air, masukkan bulatan adonan tepung ketan atau ronde, masak sampai mengapung, angkat dan tiriskan. Hidangkan ronde dan air jahe dalam mangkuk kecil, lalu taburi dengan kacang goreng, sajikan hangat saat cuaca dingin.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Aneka Minuman Hangat .. Saat Hujan...! "

Posting Komentar