Menyedihkan.....Kisah Nyata Nenek dari Tegal, usianya lebih dari 100 tahun dibiarkan Hidup Sendiri


Kisah nenek di Tegal yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini sungguh menyedihkan. Di usia senja dengan segala keterbatasannya, Mbah Tari justru ditinggalkan oleh anak cucunya sehingga hidup sendirian.

Mbah Tari tinggal di RT 7/RW II Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. Saat ini, Mbah Tari tinggal di rumah yang terbuat dari anyaman bambu atau geribik yang tidak layak huni.

Mbah Tari sebenarnya punya tiga anak dan cucu. Ironisnya, anak, menantu dan cucunya sangat jarang menjenguk dan mengunjunginya.

Untuk sekadar biaya hidup sehari-harinya pun Mbah Tari harus rela menunggu uluran tangan tetangganya. “Mereka pernah menjenguk, tapi sudah lama,” ujarnya seperti dikutip Radar Tegal.


Warga sekitar membenarkan bahwa Mbah Tari jarang dijenguk anak-anaknya. Salah seorang tetangga, Harti (65) mengatakan, anak-anak Mbah Tari sebenarnya masih tinggal di Kota Tegal. Yakni di Kalimati, Jalan Gajahmada Kota Tegal.

Namun, mereka jarang sekali menjenguk. Kalaupun menjenguk, itu pun karena dihubungi lebih dulu oleh warga sekitar. “Menjenguk ibunya, kalau ditelepon warga sini,” katanya.
Saat ini, Mbah Tari justru mendapat perhatian dari warga sekitar rumahnya. Ketua RT setempat bahkan pernah menyelenggarakan rembuk warga untuk menangani permasalahan itu.

Beberapa warga memberikan solusi agar Mbah Tari ditampung di panti jompo. “Solusinya supaya ditampung di Panti Jompo Brebes, karena tidak ada keluarga yang merawat,” tutur Harti.

Namun, tawaran solusi itu justru ditolak oleh anak-anak Mbah Tari. Karenanya, warga pun menyayangkannya. “Ya kalau menolak seharusnya dirawat,” tegasnya.

Karena anak-anak Mbah Tari sama sekali tidak pernah menjenguknya, maka warga sekitarlah yang merawatnya. “Kita mandikan, cuci bajunya, dan membersihkan rumahnya,” ujar Harti.

Beruntung saat ini masih ada orang yang rela membantu. Semua biaya perawatan dibantu oleh para dermawan di wilayah Kelurahan Sumurpanggang.

Selain Mbah Tari, sebenarnya ada pula keponakannya, Kasmi (75) yang kondisinya juga sangat memprihatinkan, Hanya saja, Kasmi sudah didaftarkan ke Panti Jompo Brebes.
“Sama-sama jompo tapi tidak punya anak dan tinggal satu rumah dengan Tari,” papar Harti.
Berbeda dengan Tari, Kasmi mengalami lumpuh dan butuh perawatan ekstra. Warga pun mengaku kewalahan jika harus terus menerus mengurus keduanya.

Harti menambahkan, permasalahan itu telah disampaikan ke Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tegal. “Katanya sedang penuh, sehingga harus menunggu antrean,” pungkas Harti.

sumber : merdeka.com


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Menyedihkan.....Kisah Nyata Nenek dari Tegal, usianya lebih dari 100 tahun dibiarkan Hidup Sendiri"

Posting Komentar