Yakin & Terus Usaha, Kunci Sukses Untuk Berhenti Merokok


Kita semua tentu tahu bahwa merokok merupakan salah satu aktivitas yang tidak baik buat kesehatan. Apalagi, jika merokok ini dilakukan setiap hari dan secara terus menerus. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, merokok adalah salah satu aktivitas yang bisa meningkatkan risiko kanker, jantung, paru-paru hingga berbagai penyakit berbahaya lainnya. Tak hanya perokok aktif, perokok pasif justru dua kali lipat lebih berisiko terhadap berbagai penyakit. 



Ketika seseorang telah memutuskan untuk merokok, tidak jarang hal ini akan membuatnya kecanduan dan tak bisa lepas dari rokok. Meski telah berusaha sangat keras untuk berhenti merokok, para pecandu rokok tidak jarang sangat kesulitan untuk berhenti merokok. Terkait upaya untuk berhenti merokok atau lepas dari rokok, para peneliti baru saja menemukan temuan yang cukup mengejutkan dan mencengangkan. 

Untuk bisa berhenti merokok dan lepas dari rokok, peneliti mengungkapkan bahwa rata-rata pecandu rokok harus mencoba dan berusaha berhenti merokok sebanyak 30 kali atau bahkan lebih. Jika seseorang yang terbiasa merokok dan berusaha untuk berhenti merokok serta berusaha menghentikan aktivitas merokoknya satu atau dua kali saja, peneliti mengungkapkan bahwa usaha untuk berhenti merokok ini sebagian besar akan gagal. Alhasil, seseorang yang telah mencoba dan berusaha berhenti merokok akan kembali merokok dan kecanduan rokok di waktu selanjutnya.

Tapi, jika orang tersebut telah berulang kali mencoba, berusaha serta yakin bahwa ia bisa berhenti merokok dan lepas dari apapun yang berhubungan dengan rokok, dikatakan ia pasti bisa. Dr Michael Chaiton dari sekolah kesehatan masyarakat di University of Toronto mengatakan, "Selama ini, peneliti menemukan bahwa orang bisa berhenti dari kecanduan rokok setelah ia berusaha berhenti sebanyak 6 sampai 7 kali. Dalam beberapa waktu memang ia telah berhenti, tapi, tidak jarang ia akan kembali merokok suatu saat nanti. Kalau pun memang seseorang benar-benar ingin berhenti merokok dan lepas dari masalah rokok, setidaknya ia butuh mencoba dan berusaha rata-rata sebanyak 30 kali."

Dr Chaiton juga mengungkapkan bahwa untuk benar-benar bisa berhenti dari aktivitas atau kebiasaan merokok, seseorang harus punya keyakinan, tekad dan percaya bahwa ia bisa berhenti. Ia juga harus berusaha dengan keras dan yakin bahwa tanpa rokok ia akan baik-baik saja atau bahkan lebih baik dari sebelumnya. Untuk benar-benar berhenti dari kebiasaan merokok, seseorang setidaknya memerlukan proses dalam jangka waktu yang sangat panjang. Dalam proses ini, seseorang juga memerlukan keyakinan yang kuat dan upaya yang tidak mudah.

Meski dalam temuan ini ditemukan rata-rata orang yang berhasil berhenti merokok karena telah mencoba sebanyak 30 kali, ini tidak menutup kemungkinan seseorang bisa berhenti hanya dalam sekali mencoba. Kuncinya, ia yakin dan terus berusaha untuk tidak berhubungan lagi dengan apapun yang terkait rokok dan yakin bahwa ia harus benar-benar berhenti merokok. Semoga, informasi ini bermanfaat. Untuk kamu yang saat ini sedang atau merencanakan untuk berhenti merokok, tanamkan dalam diri dan hati kamu bahwa kamu pasti bisa berhenti

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Yakin & Terus Usaha, Kunci Sukses Untuk Berhenti Merokok"

Posting Komentar