Pesan Nabi Nuh Kepada Anaknya, yang Belum Banyak di ketahui Orang


Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Di tangan-Nya segala kejadian dan tiada satupun peristiwa kecuali atas izin-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.



Rosululloh Saw. bersabda, “Maukah kalian aku beritahu tentang nasehat Nuh kepada anaknya?” Mereka menjawab, “Ya, beritahukanlah kepada kami.” Lalu beliau bersabda, “Nuh menasehati anaknya : “Wahai anakku, aku menasehati kamu dengan ucapan Laa ilaaha illalloh (tiada tuhan selain Alloh), karena sesungguhnya kalimat ini jika diletakkan dalam sebuah timbangan, lalu langit dan bumi diletakkan dalam timbangan yang lain, niscaya kalimat itu akan lebih berat, meskipun dibentuk dalam lingkaran yang kokoh maka kalimat itu akan memecahkan lingkaran tersebut hingga ia sampai ke hadapan Alloh.

Dan, aku menasehatimu dengan ucapan Subhaanallohil Adhim wa bihamdihi (Maha Suci Alloh Yang Maha Agung dan dengan segala puji bagi-Nya), dan Alhamdulillah (segala puji hanya milik Alloh), karena ucapan ini adalah ibadahnya seluruh makhluk dan dengannya mereka diberi rezeki.
Dan, aku melarang kamu dari dua perkara yaitu syirik (mempersekutukan Alloh dengan sesuatu) dan kibr (sombong), karena dua sifat ini yang menjauhkan manusia dari Alloh.” (HR. Al Bazzar)
Maasyaa Alloh, betapa besar nilai kalimat Laa ilaaha illaaloh, Subhaanallohil Adhim wa bihamdih, dan Alhamdulillah. Tentu saja tidak cukup kalimat-kalimat ini jikalau hanya dibaca lisan saja, akan tetapi harus merasuk di hati dan tercermin dalam sikap sehari-hari.

Kita harus yakin bahwa Alloh Maha Memiliki segalanya, kita manusia tidak memiliki apa-apa bahkan tidak memiliki dirinya sendiri. Kita hanya hidup karena dihidupkan oleh Alloh dan bisa dimatikan oleh Alloh kapan dan dimanapun tanpa kita ketahui. Jika kita sudah betul-betul yakin, maka insyaaAlloh kita lebih mudah untuk selamat dari sifat sombong dan syirik.
Semoga Alloh Swt. melimpahkan hidayah kepada kita sehingga kita termasuk orang-orang yang selamat. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )

sumber : smstauhid.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pesan Nabi Nuh Kepada Anaknya, yang Belum Banyak di ketahui Orang "

Posting Komentar